INFO KOTA SINGKAWANG KALIMANTAN BARAT

Informasi Kota Singkawang Kalimantan Barat: budaya Dayak, Melayu, Tionghoa / China, gunung Poteng, Gereja, pemerintahan, kuliner, wisata, berita, Cap Go Meh, Imlek, Tatung, hotel, amoy, kelenteng, lowongan kerja, berita, penginapan, travel, taxi, rekreasi, grand mall, film, pontianak, bahasa hakka, makanan khas, pasir panjang, pemkot, peta, artis, tribun, mie, koran.

Selamat Datang Di Website Resmi Masyarakat Kota Singkawang - Terima kasih atas kunjungan Anda

PESONA PULAU SIMPING, PULAU TERKECIL DI DUNIA ADA DI SINGKAWANG INDONESIA

Pesona Pulau Simping, Pulau Terkecil di Dunia Ada di Singkawang Indonesia

Indonesia sungguh negara yang kaya, luas, dan indah. Lautan yang luas. Pulau yang jumlahnya ada ribuan. Pariwisata Indonesia menduduki salah satu pariwisata terkuat di Asia. Siapa yang tak tahu candi Borobudur. Candi ini merupakan candi terbesar di dunia dan masuk dalam salah satu keajaiban dunia. Indonesia juga punya pulau Bali yang sudah terkenal di seantero dunia. Ribuan wisatawan asing datang ke pulau ini tiap tahunnya. Di antara ribuan pulau, di Indonesia terdapat pulau terkecil di dunia, yaitu pulau Simping. Pulau ini terdapat di Singkawang, Kalimantan Barat. Tepatnya  di perairan Bay Mak Jantu, Selatan Singkawang. Pulau ini termasuk dalam kawasan wisata pantai Sinka Park Island. PBB telah mengakui bahwa pulau mungil ini 'the smallest island in the world', jadi keberadaannya sebagai pulau terkecil di dunia telah diakui oleh dunia internasional.
“Awalnya, Pulau Simping dulu memang ada penghuninya, tetapi kemudian penghuninya berangsur pindah karena abrasi laut. Pulau ini lama-lama mengecil seperti sekarang. Pulau ini ramai dikunjungi para wisatawan. Untuk menuju lokasi ini, cukup mudah. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit dari Kota Singkawang menuju teluk pantai Mak Jantu. Sedangkan dari Pontianak, memerlukan waktu sekitar 3 jam, perjalanan ke arah kota Singkawang.

Pulau Simping Singkawang


Kriteria yang mendukung pulau Simping sebagai pulau terkecil di dunia:
  1. Ada aktifitas kehidupan di pulau tersebut, yaitu mereka yang datang berkunjung ke kawasan Sinka Island Park dan mampir untuk menimati keindahan alam di pulau tersebut.
  2. Ada bangunan di atasnya yaitu sebuah klenteng kecil yang berdiri menghadap laut lepas.
  3. Pulau Simping merupakan pulau sejati, artinya adalah daratan yang dikelilingi air laut dan tidak pernah tenggelam oleh pasang laut.
  4. Pulau Simping mempunyai ukuran kecil yang kurang dari 1 hektar.
  5. Pulau Simping ditumbuhi pepohonan dan tumbuhan yang menyatakan bahwa pulau tersebut mempunyai tanah dan bukan melulu merupakan tumpukan batuan.
Mempunyai penghuni, meskipun hanya penghuni tidak tetap yaitu mereka yang rutin melakukan ibadah di klenteng kecil.



     
    Powered By Eko Heru
    Back To Top