INFO KOTA SINGKAWANG KALIMANTAN BARAT

Informasi Kota Singkawang Kalimantan Barat: budaya Dayak, Melayu, Tionghoa / China, gunung Poteng, Gereja, pemerintahan, kuliner, wisata, berita, Cap Go Meh, Imlek, Tatung, hotel, amoy, kelenteng, lowongan kerja, berita, penginapan, travel, taxi, rekreasi, grand mall, film, pontianak, bahasa hakka, makanan khas, pasir panjang, pemkot, peta, artis, tribun, mie, koran.

Selamat Datang Di Website Resmi Masyarakat Kota Singkawang - Terima kasih atas kunjungan Anda

ADAT SAMSAM DI GUNUNG POTENG SINGKAWANG TIMUR SINGKAWANG

Adat Samsam (Bo`k) Di Gunung Poteng Singkawang Timur



Adil Ka’Talino, Bacuramin Ka’Saruga, Basengat Ka’Jubata


Adat, budaya, tradisi nenek moyang harus tetap dipertahankan dan dilestarikan agar tidak punah oleh jaman. Masyarakat dayak sangat menjunjung tinggi adat dan budaya leluhurnya. Tradisi yang diturunkan oleh para leluhurnya tetap dipertahankan. Hal itu merupakan wujud cinta akan budaya.  Khususnya masyarakat dayak salako di Singkawang Timur dan Singkawang Selatan, setiap tahun mengadakan Sam-sam (bo'k). Di bali disebut dengan Nyepi. Masyarakat Gunung Poteng, yaitu: RT 01 dan 02, menyelenggarakan adat Samsam (Bo`k) yang dimulai pada hari Jum`at, 24 Oktober 2014 pukul 23.00 dan berakhit pada hari Minggu pagi 26 Oktober 2014. Ritual adat Samsam ini merupakan ritual tolak bala atau bersih kampung masyarakat adat Dayak di Gunung Poteng yang rutin digelar sekali dalam satu tahun. Dalam ritual adat tersebut, setiap warga desa dilarang untuk melakukan aktivitas dan membuat keributan, termasuk dilarang untuk keluar rumah dan keluar masuk kampung. 
Sehari sebelum Bo'k dilaksanakan, diadakan ritual adat di tempat keramat. Untuk Masyarakat Kampung Poteng, diadakan di tikungan lereng gunung Poteng. Kira-kira 1 km dari jalan raya Singkawang - Bengkayang. Pada malam hari sekitar jam 7,bambu tumiang dan daun juang dipasang di pintu-pintu rumah warga yang mengadakan Bo'k. Hal ini berfungsi sebagai tanda bahwa kampung tersebut sedang melaksanakan Bo'k. Pada malam sebelum pagar kampung ditutup, didakan lagi ritual di pantak kampung, pantak ini berada di depan masuk kampung. Bo'k biasanya dimulai jam 10 atau jam 11 malam.
Selama Samsam (Bo`k) masyarakat tidak diperbolehkan melakukan aktifitas seperti biasanya, hanya berdiam diri di rumah dan tidak boleh keluar masuk kampung. Dilarang ribut selama Samsam (Bo'k) berlangsung. Jika aturan dilaggar, akan dikenakan hukum adat yang berlaku sesuai kesalahan yang dilakukannya selama kegiatan Bo'k berlangsung.





0 Komentar untuk "ADAT SAMSAM DI GUNUNG POTENG SINGKAWANG TIMUR SINGKAWANG"
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top