INFO KOTA SINGKAWANG KALIMANTAN BARAT

Informasi Kota Singkawang Kalimantan Barat: budaya Dayak, Melayu, Tionghoa / China, gunung Poteng, Gereja, pemerintahan, kuliner, wisata, berita, Cap Go Meh, Imlek, Tatung, hotel, amoy, kelenteng, lowongan kerja, berita, penginapan, travel, taxi, rekreasi, grand mall, film, pontianak, bahasa hakka, makanan khas, pasir panjang, pemkot, peta, artis, tribun, mie, koran.

Selamat Datang Di Website Resmi Masyarakat Kota Singkawang - Terima kasih atas kunjungan Anda

PERINGATAN ARWAH DI PEMAKAMAN PAJINTAN SINGKAWANG TIMUR

Peringatan Arwah Semua Orang Beriman Di Pemakaman Pajintan Singkawang Timur

Singkawang.info. Setiap tanggal 2 November, Gereja Katolik di seluruh dunia merayakan peringatan arwah semua orang beriman. Makna “Peringatan Arwah Semua Orang Beriman” sekali lagi mengingatkan kita akan kebaikan hati dan kerahiman (belas kasih) Allah, hal mana menyebabkan kita dengan penuh rasa takjub dan syukur melakukan permenungan betapa agung kasih-Nya bagi kita umat-Nya. Allah telah mengumpulkan sebuah umat bagi diri-Nya. Dia melihat kerentanan atau kerapuhan kodrat manusia yang cenderung untuk berdosa, yang berasal-usul pada dosa pertama Adam dan Hawa. Ia sangat mengetahui bahwa kita masih berjuang melawan dosa dan banyak godaan. Oleh karena itu kepada kita diberi jalan keluar bahwa, “siapa yang mati dalam rahmat dan dalam persahabatan dengan Allah, namun belum disucikan sepenuhnya, memang sudah pasti akan keselamatan abadinya, tetapi dia masih harus menjalankan satu penyucian untuk memperoleh kekudusan yang perlu, supaya dapat masuk ke dalam kegembiraan surga” (Katekismus Gereja Katolik, 1030).
Sebenarnya peringatan arwah semua orang beriman ini dirayakan tiap tanggal 2 November setiap tahunnya. Berhubung tanggal 2 November 2014 ini jatuh pada hari Minggu, maka peringatan ini dimajukan pada hari sabtu, 1 November 2014. Peringatan arwah semua orang beriman untuk wilayah Poteng dipusatkan di Pemakaman Katolik Pajintan Singkawang Timur dengan perayaan Ekaristi (Misa) yang dipimpin oleh P. Agus Subagyo, OFM.Cap. Misa ini dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 09.00. Misa ini dihadiri oleh sekitar 50 umat dari Stasi Poteng dan Stasi Pajintan. Umat cukup antusias dan kusyuk dalam Misa arwah ini untuk mendoakan sanak saudara /orang tua / kerabat yang telah mendahului mereka. Dalam kotbahnya, P Agus mengingatkan kita sebagai seorang peziarah di dunia ini dalam perjalanan menuju Kearajaan Surga. Setelah Misa selesai, umat bergegas mendoakan para kerabat / saudara masing-masing di sekitar makam / nisan sambil tabur bunga dan menyalakan lilin.


0 Komentar untuk "PERINGATAN ARWAH DI PEMAKAMAN PAJINTAN SINGKAWANG TIMUR"
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top