INFO KOTA SINGKAWANG KALIMANTAN BARAT

Informasi Kota Singkawang Kalimantan Barat: budaya Dayak, Melayu, Tionghoa / China, gunung Poteng, Gereja, pemerintahan, kuliner, wisata, berita, Cap Go Meh, Imlek, Tatung, hotel, amoy, kelenteng, lowongan kerja, berita, penginapan, travel, taxi, rekreasi, grand mall, film, pontianak, bahasa hakka, makanan khas, pasir panjang, pemkot, peta, artis, tribun, mie, koran.

Selamat Datang Di Website Resmi Masyarakat Kota Singkawang - Terima kasih atas kunjungan Anda

PELATIHAN JURNALISTIK DI POTENG SINGKAWANG TIMUR

PELATIHAN JURNALISTIK DI POTENG SINGKAWANG TIMUR

Singkawang Info. Hari ini, Rabu, 9 Maret 2016, tertepatan dengan gerhana matahari total, diselenggarakan pelatihan jurnalistik di Novisiat Kapusin Poteng, Singkawang Timur. Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri dari 3 Frater Novis dan 18 OMK (Orang Muda Katolik) di sekitar Gereja Katolik "Padre Pio" Gunung Poteng. Pelatihan jurnalistik ini mengambil tema: "Belajar Menulis Bersama". Acara dimulai pukul 08.30 WIB dan berakhir pukul 15.00 WIB. Acara dibawakan oleh 3 orang narasumber yang sudah berpengalaman dalam bidang jurnalistik, yaitu: Mas Endi (Wartawan Jakarta Post), Mas Andreas (Wartawan Pontianak Post) dan Mas Budi Miank (Wartawan Pontianak Post).

Acara ke 1

Mas Endi memaparkan 3 hal teknik menulis, yaitu:
1. ADiSiKaMBa (A: Apa yang terjadi, Di: Dimana, Si: Siapa, Ka: Kapan, M: Mengapa, Ba: Bagaimana)
Penulisan yang baik, perlu ada unsur-unsur tersebut.
2. Wawancara
3. Pelibatan panca indra dalam menulis
Hal yang menarik disampaikan oleh Mas Endi adalah tentang 3 kunci sukses menulis, yaitu: latihan, latihan, dan latihan.

Acara ke 2

Sedangkan, Mas Andreas menyampaikan tentang fotografi.
Ciri-ciri foto jurnalis adalah:
- memeiliki nilai berita / bisa jadi berita itu sendiri
- ada yang disampaikan
Foto bersifat mengabadikan secara visual. Oleh karena itu, dalam pengambilan foto, perlu memperhatikan unsur hati nurani, etika. Foto berfungsi 2 macam, yaitu: sebagai jurnalis (dipublikasikan) dan dokumentasi (tidak dipublikasikan).

Acara ke 3

Acara ke 3 ini disampaikan oleh Mas Budi Miank yang membahas tentang etika dalam jurnalistik. Seorang penulis seharusnya bertindak dengan melepas identitas (independent) agar hasilnya bagus. Seorang penulis hendaknya menghindari plagiat (copy paste) karena tulisan plagiat tidak akan bermutu. Tetapi, justru akan membuat malu si penulis sendiri. Penulis sebaiknya menulis berita dengan benar, bukan berita bohong / fitnah. Perlu verifikasi data (cek info) agar berita akurat. Perlu juga dihindari penulisan berita sadis / kejam. Seorang penulis tidak hanya pelaku informasi, tetapi juga penyaring informasi.

Acara ke 4

Pada acara ini dibahas tentang bagaimana menulis di blogger. Pada sesi yang menarik ini, dibawakan oleh Mas Endi. Para peserta diajari untuk menulis secara bersama-sama di blog yang sudah disediakan, yaitu: www.potengsip.blogspot.com. Tiap peserta bisa menulis di blog tersebut, baik melalui laptop, maupun melalui Hp Android. Peserta cukup antusias dalam mengikuti sesi ini. Melalui blog tersebut, peserta dapat menuliskan ide untuk bisa disebarkan ke seluruh penjuru dunia.

Melalui pelatihan jurnalistik ini, banyak manfaat bisa didapatkan oleh semua peserta. Oleh karena itu, kami mengucapkan kepada Mas Endi, Mas Andreas, dan Mas Budi Miank atas ilmunya yang bermanfaat. Tak lupa juga kami mengucapkan terima kasi kepada Pastor Gabriel Marcel, OFMCap selaku magister Novisiat Kapusin Poteng yang telah mengusahakan acara ini dengan sukses.


Sumber: www.potengsip.blogspot.com




 
Powered By Eko Heru
Back To Top