INFO KOTA SINGKAWANG KALIMANTAN BARAT

Informasi Kota Singkawang Kalimantan Barat: budaya Dayak, Melayu, Tionghoa / China, gunung Poteng, Gereja, pemerintahan, kuliner, wisata, berita, Cap Go Meh, Imlek, Tatung, hotel, amoy, kelenteng, lowongan kerja, berita, penginapan, travel, taxi, rekreasi, grand mall, film, pontianak, bahasa hakka, makanan khas, pasir panjang, pemkot, peta, artis, tribun, mie, koran.

Selamat Datang Di Website Resmi Masyarakat Kota Singkawang - Terima kasih atas kunjungan Anda

HARI RAYA PEH CUN DI SINGKAWANG

Hari Raya Peh Cun


Singkawang Info. Hari ini, kamis 9 Juni 2016, berdasarkan penanggalan kalender Tionghoa, bertepatan dengan tanggal 5 bulan ke-5, Imlek 2567. Di saat perayaan tersebut, ada tradisi makan Kwe Cang bagi warga Tionghoa sedunia. Kwe Cang adalah sejenis panganan yang dibungkus memakai daun bambu. Tepat pukul 12.00 siang waktu setempat, telur dapat berdiri tegak di tempat yang datar. Hal ini disebabkan bahwa pada tanggal, bulan dan jam tersebut, kondisi bulan dekat dengan bumi sehingga gravitasi bumi dan bulan sangat kuat.
Hari ini, penulis menyoba untuk menegakkan telur sekitar pukul 11.00 WIB dan telur berhasil bisa berdiri tegak. Ujicoba yang penulis lakukan, membuktikan bahwa ini bisa dibuktikan secara ilmiah dan memang benar-benar terjadi.

Telur bisa berdiri
Disamping itu, etnis Tionghoa juga melakukan tradisi mandi di sumber mata air, air terjun, kolam, dan sebagaimana dengan tujuan untuk pemebersihan diri. Penulis menyoba jalan-jalan di air terjun Gunung Poteng di Singkawang Timur. Di tempat tersebut, cukup ramai orang Tionghoa melakukan ritual mandi dalam rangka perayaan Peh Cung. Penulis juga tidak mau ketinggalan ikut mandi bersama. Setelah selesai mandi, penulis turun ke Biara Novisiat Kapusin Poteng dan disuguhi bak cang, panganan khas Peh Cun. Rasanya enak. Terbuat dari ketan, kacang, jamur, dan daging.

Air Terjun Gunung Poteng

Kwe Cang / Bak Cang

0 Komentar untuk "HARI RAYA PEH CUN DI SINGKAWANG"
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top