INFO KOTA SINGKAWANG KALIMANTAN BARAT

Informasi Kota Singkawang Kalimantan Barat: budaya Dayak, Melayu, Tionghoa / China, gunung Poteng, Gereja, pemerintahan, kuliner, wisata, berita, Cap Go Meh, Imlek, Tatung, hotel, amoy, kelenteng, lowongan kerja, berita, penginapan, travel, taxi, rekreasi, grand mall, film, pontianak, bahasa hakka, makanan khas, pasir panjang, pemkot, peta, artis, tribun, mie, koran.

Selamat Datang Di Website Resmi Masyarakat Kota Singkawang - Terima kasih atas kunjungan Anda

FESTIVAL SENI BUDAYA MELAYU DAN ULANG TAHUN KOTA SINGKAWANG KE 15 KALIMANTAN BARAT


FESTIVAL SENI BUDAYA MELAYU DAN ULANG TAHUN KOTA SINGKAWANG KE 15



Berita terkini di Singkawang. Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) kabupaten/kota se-Kalimantan Barat kembali menggelar Festival Seni Budaya Melayu (FSBM). Kota Singkawang menjadi tuan rumah dalam perhelatan Festival Seni Budaya Melayu XI Kalimantan Barat (FSBM XI). Gawe Akbar tersebut akan diselenggarakan pada 17-22 Oktober 2016. Event wisata budaya dua tahunan, kini memasuki tahun ke 11. Tahun 2016 ini, kota Singkawang ditunjuk sebagai tuan rumah dan akan dipusatkan di Stadion Kridasana Singkawang.

Tema FSBM "Menjunjung Marwah Menyambut Tuah", juga menghadirkan seni instalasi yang sesuai dengan tema, yaitu Laksamana Hang Tuah, sosok tokoh pahlawan Melayu yang melegenda dan tersohor. Sebuah instalasi seni rupa berbentuk kapal Lancang Kuning dan replika Laksamana Hang Tuah akan menyemarakkan kegiatan yang dipusatkan di Stadio Kridasana, Jalan Kridasana, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Waktu pembuatan replika ini sudah dilaksanakan sejak tiga minggu yang lalu. Kapal beserta replika ini diperkirakan akan selesai sebelum acara pembukaan dimulai. Kapal berbahan kayu berukuran raksasa ini nantinya dapat dinaiki oleh pengunjung dengan kapasitas maksimal 200 orang.

Menariknya event wisata budaya ini adalah kurang lebih 1.000 orang dari14 kabupaten dan kota di Kalimantan Barat (Kalbar) akan mengikuti eksebisi 16 tangkai seni yang diperlombakan. Selain itu akan diselenggarakan juga Seminar Internasional dengan tema "Mengumpulkan yang terserak, menyambung yang terputus dan menyatukan yang tercerai". Narasumber dan pembicara adalah Prof Datok Zainal Borhan, Prof Dr Zainal Kling, Prof Dr Othman Yatim dari Kuala Lumpur, Malaysia serta pembicara lainnya dari Riau, Padang, Medan, Jakarta dan Pontianak

Selain itu, ada event yang tak kalah menariknya yakni festivity jajanan kuliner tradisional. Akan ada kuliner khas Melayu dengan cara besaprah yang dapat dinikmati pengunjung pada setiap harinya. Acara ini dapat diikuti baik siang maupun malam  di lokasi lomba.

Rencana perlombaan FSBM di antaranya adalah lomba pencak silat, lomba bertutur, lomba rias pengantin Melayu, Syair, rancang topic Melayu, lomba sampan bidar, lomba lagu, tarian dan parade busana serta berbagai kegiatan khas tradisi Melayu lainnya. (Sumber: www.bisniswisata.co.id)

Di stadiun Kridasana dan tanggal 17 - 22 Oktober 2016, pada tempat dan waktu yang sama, juga diselenggarakan event / acara Singkawang Expo 2016 untuk memeriahkan hari jadi kota Singkawang ke 15 atau Hari Ulang Tahun Kota Singkawang ke 15. Ada banyak acara akan ditampilkan di tempat ini. Menurut Hendryan, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Singkawang, akan disediakan sekitar 100 stan pameran yang ikut serta dalam memeriahkan Singkawang Expo 2016 ini. Pemkota Singkawang menyiapkan 2 tempat stan, di luar dan didalam, di dalam untuk SKPD 34 stan dan UKM binaan 6 stan, di luar 60 stand untuk BUMN, BUMD, Swasta, Instansi Vertikal dan SMK. Disamping itu, kegiatan Singkawang Expo ini juga akan dimeriahkan dengan pentas hiburan rakyat yang diisi oleh pelajar dan umum.
Paduan ke 2 event besar ini diperkirakan akan menarik ribuan pengunjung untuk menyaksikan acara ini.


0 Komentar untuk "FESTIVAL SENI BUDAYA MELAYU DAN ULANG TAHUN KOTA SINGKAWANG KE 15 KALIMANTAN BARAT"
 
Powered By Eko Heru
Back To Top