INFO KOTA SINGKAWANG KALIMANTAN BARAT

Informasi Kota Singkawang Kalimantan Barat: budaya Dayak, Melayu, Tionghoa / China, gunung Poteng, Gereja, pemerintahan, kuliner, wisata, berita, Cap Go Meh, Imlek, Tatung, hotel, amoy, kelenteng, lowongan kerja, berita, penginapan, travel, taxi, rekreasi, grand mall, film, pontianak, bahasa hakka, makanan khas, pasir panjang, pemkot, peta, artis, tribun, mie, koran.

Selamat Datang Di Website Resmi Masyarakat Kota Singkawang - Terima kasih atas kunjungan Anda

INDAHNYA FENOMENA SUPERMOON DI LANGIT KOTA SINGKAWANG

INDAHNYA FENOMENA SUPERMOON DI LANGIT KOTA SINGKAWANG

Fenomena supermoon di langit Kota Singkawang pada Senin (14/11/2016) sekitar pukul 21.00 WIB.
Meskipun bulan tidak tampak benar-benar besar dari biasanya, tetap bentuk bulan masih dapat terlihat dengan jelas di langit kota Singkawang.
Awan mendung sempat menutupi pandangan mata ke bulan beberapa saat.
Meskipun demikian cahaya bulan tetap terlihat bersinar lebih cerah dari biasanya.
Istilah supermoon populer diartikan sebagai bulan purnama yang bertepatan dengan orbit bulat terdekat dengan bumi, atau perigee.
Karena orbit bulan yang mengelilingi bumi berbentuk telur, ada siklus tertentu dimana bulan berada di dekat atau jauh dari kita.
 
Setiap bulannya, perigee tidak selalu berada pada jarak yang sama dari bumi karena ukuran dari orbit bulan sedikit bervariasi dari waktu ke waktu.
Pada bulan November ini, bulan resmi mencapai perigee pada 06 :21 ET (11 :23 UT) pada 14 November dengan jarak 221.524 mil dari planet bumi kita, dan diukur dari pusat antara Bumi dan bulan.
Bulan mencapai fase purnama hanya pada durasi dua setengah jam kemudian, pada pukul 08:52 (13 :52 UT) pada 14 November.
Sebelum ini, bumi belum pernah berada sedekat ini dengan bulan purnama sejak tanggal 26 Januari 1948 yang berjarak hanya 30 mil lebih dekat daripada supermoon pada bulan ini.
Nikmatilah pertunjukkan langit yang langka ini saat hal tersebut terjadi karena bulan purnama tidak akan berada sedekat ini hingga 25 November 2034.
Keberadaan bulan purnama  paling dekat dengan bumi selanjutnya pada abad ini akan terjadi lagi pada 6 Desember 2052  ketika bulan hanya berjarak 221.472 mil dari bumi.
Diambil dari berbagai sumber.


0 Komentar untuk "INDAHNYA FENOMENA SUPERMOON DI LANGIT KOTA SINGKAWANG"
 
Powered By Eko Heru
Back To Top