INFO KOTA SINGKAWANG KALIMANTAN BARAT

Informasi Kota Singkawang Kalimantan Barat: budaya Dayak, Melayu, Tionghoa / China, gunung Poteng, Gereja, pemerintahan, kuliner, wisata, berita, Cap Go Meh, Imlek, Tatung, hotel, amoy, kelenteng, lowongan kerja, berita, penginapan, travel, taxi, rekreasi, grand mall, film, pontianak, bahasa hakka, makanan khas, pasir panjang, pemkot, peta, artis, tribun, mie, koran.

Selamat Datang Di Website Resmi Masyarakat Kota Singkawang - Terima kasih atas kunjungan Anda

PUNCAK 111 TAHUN KARYA MISI ORDO KAPUSIN BERKARYA DI KALIMANTAN BARAT

PUNCAK 111 TAHUN KARYA MISI ORDO KAPUSIN DI KALIMANTAN BARAT

Singkawang Info. Hari minggu ini tanggal 20 November 2016, saya berniat untuk mengikuti perayaan Ekaristi di Gereja Katolik Santo Fransiskus Assisi Paroki Singkawang. Saya biasanya mengikuti ibadah di Gereja Stasi Santo Padre Pio Gunung Poteng Singkawang Timur. Dari rumah, saya berangkat pukul 07.00 WIB. Saya berangkat lebih awal dengan maksud agar mendapatkan tempat duduk bagian depan Gereja. Rencana Misa dimulai pukul 08.00 WIB. Saya tiba di Paroki Singkawang pukul 07.20 WIB. Tempat duduk bagian depan ternyata sudah penuh terisi oleh umat yang sebelumnya sudah hadir di tempat tersebut. Gagal deh.... Saya mendapatkan tempat duduk bagian depan. Dengan terpaksa, saya duduk di bagian belakang tengah Gereja. Umat Katolik Paroki Singkawang sangat antusias mengikut Misa yang istimewa ini. Meskipun waktunya masih lama untuk dimulai Misa yang direncanakan pukul 08.00 WIB, tetapi umat sudah datang berbondong-bondong untuk memenuhi tempat duduk di dalam Gereja. Misa hari minggu ini, terasa istimewa. Perayaan Ekaristi pada hari minggu ini sekaligus puncak karya misi Ordo Kapusin berkarya di Kalimantan Barat selama 111 tahun. Ordo Kapusin sudah cukup lama berkarya di provinsi ini. Ordo Kapusin diantaranya adalah OFMCap untuk biarawan laki-laki (pastor, bruder, dan frater), OSCCap untuk biarawati (Suster) atau lebih dikenal dengan suster slot. Dalam Misa ini, petugas koor sangat indah saat membawakan lagu-lagu dengan berbahasa Latin. Umat terpesona mendengarkannya dan memberikan aplaus di akhir perayaan Ekaristi.
 

Tepat pukul 08.00 WIB, perayaan Ekaristi dimulai dan dipimpin langsung oleh Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus, Pr sebagai konselebran utama dan beberapa pastor / imam Kapusin sebagai konselebran. Perarakan dimulai dari halaman depan Gereja. Bagian depan adalah para misdinar (pelayan altar). Selanjutnya diikuti apara peserta busana daerah, lektris, para pastor Kapusin, provinsial minister Ordo Kalusin Pontianak, Pastor Amandus Ambot, OFMCap, dan Mgr Agustinus Agus, Pr. Perayaan Ekaristi hari minggu ini sangat meriah. Umat bersukacita dan penuh semangat dalam mengikuti seluruh rangkaian perayaan ini. Perayaan Ekaristi ini sekaligus merayakan Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam. Hari raya ini merupakan puncak penanggalan liturgi tahun C. Pada minggu depan, umat Katolik sudah memasuki minggu Advent pertama sebagai permulaan penanggalan liturgi tahun A. 
Sebelum berkat penutup, Mgr Agus berkenan memberikan kata sambutan. Beliau mengucapkan selamat dan sukses atas perayaan 111 tahun Ordo Kapusin berkarya di Kalimantan Barat. Beliau juga berpesan agar seluruh umat bisa menjaga kedamaian dan ketenangan dalam hidup bersama. Dalam menyambut Pilkada, umat diharapkan jangan mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab untuk memecahbelah persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.
Setelah perayaan Ekaristi usai, acara dilanjutkan dengan ramah tamah di halaman depan Gereja. Panitia menyediakan hiburan dan santap siang bersama untuk seluruh umat yang hadir. Dalam pentas seni / hiburan, Bapa Uskup berkenan membawakan beberapa lagu Dayak dengan nuasa riang gembira. Bapa Uskup yang dikenal jago bernyanyi beberapa jenis lagu, membuat terpesona umat. Suasana makin meriah dengan tampilnya para biarawan Kapusin untuk berjoget ria di panggung sambil menemani Bapa Uskup dalam bernyanyi. Semua orang bersukacita dalam pesta ini.
Selamat dan sukses untuk Ordo Kapusin yang telah merayakan 111 tahun berkarya di Kalimantan Barat.
 

3 Komentar untuk "PUNCAK 111 TAHUN KARYA MISI ORDO KAPUSIN BERKARYA DI KALIMANTAN BARAT"
 
Powered By Eko Heru
Back To Top